Selasa, 15 Desember 2009

cara menerangkan foto lewat photoshop

Pada waktu Anda memotret sesuatu, pastinya Anda mengharapkan hasil maksimal dan terbaik dari apa yang Anda lakukan. Namun apa boleh buat jika ternyata kualitas gambar foto hasil jepretan kita menjadi kurang bagus. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Keadaan cuaca dan kendala teknis seperti kemampuan kamera digital dengan fitur yang terbatas atau salah pengaturan sering menjadi penyebabnya. Misalnya pada salah satu foto kenangan milik penulis.

Foto ini diambil pada waktu siang hari bertempat di Monas, Jakarta. Ketika dilihat pada display kamera digital, hasilnya terlihat bagus meski cukup sulit melihatnya karena cahaya matahari saat itu sangat menyorot tajam dan panas sekali. Setelah di transfer ke PC, wah gelapnya bukan main. Sinar matahari yang saat itu sangat menyilaukan membuat kamera digital tidak berdaya melawannya. Apalagi ada pengaturan yang lupa untuk rubah. Cukup mengesalkan memang jika sudah capek-capek memotret ternyata hasilnya kurang bagus.

Jika Anda pernah mengalami kasus seperti ini, jangan dulu menghapus foto Anda. Penulis punya cara yang sangat mudah agar foto Anda menjadi terlihat lebih terang. Yang Anda butuhkan hanya aplikasi Adobe Photoshop dan mengikuti langkah mudah berikut. Kali ini penulis menggunakan Adobe Photoshop CS3. Caranya seperti ini:

1. Eksekusi Adobe Photoshop CS3.
2. Buka file foto milik Anda yang terlihat gelap.
3. Tekan kombinasi tombol [Ctrl] + [M] pada keyboard.
4. Mulai dari tengah, geser garis diagonal yang tersedia kekiri atas.
5. Semakin melengkung garis tersebut maka foto akan semakin terang. Jadi sesuaikan saja dengan tingkat kecerahan foto Anda.
6. Kalau sudah tekan tombol [OK].

Mudah bukan? Namun ada yang perlu Anda perhatikan. Cara ini memang mudah tapi tidak selalu dapat diterapkan pada semua foto yang gelap. Misalkan pada foto Anda ada yang memakai pakaian berwarna putih, jika terlalu terang maka pakaiannya bisa menjadi tidak terlihat. Perhatikan juga warna kulit dan warna rambut. Jangan sampai dalam foto, Anda terlihat seperti memakai banyak bedak dan memiliki rambut yang banyak ubannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar